Selasa, 08 September 2015

Tadi malem, tepat pukul 19.00 WIB, gue diajak sama bapak untuk ikut kerumah nenek, katanya untuk nengok nenek. Beberapa menit kemudian, sampailah dirumah nenek, sesampainya disana gue kaget ngeliat nenek di infus, dia dipindahkan ke ruang tengah supaya lebih leluasa dan tidak sumpek. Alhamdulillah, nenek masih bisa mendengar dan memahami apa yang kita bicarakan. Banyak sodara dan tetangga yang nengok nenek kerumah terlebih lagi sang adik dari nenek nangis ketika dia melihat sang kakak terbaring lemah diatas kasur, dia terus memegang tangan nenek dan terus ada disampingnya. *tisu mana tisu* :( hiks hiks hiks...

Pukul 20.10 WIB pak ustadz, sodara dan tetangga datang kerumah untuk membaca surat yasin dan doa doa demi kesembuhan nenek, setelah pembacaan doa selesai beberapa saat kemudian, kakek datang dan berteriak memanggil nama sang istri dan berkali kali dia jatuh pingsan. Dia selalu berkata "Jangan tinggalin aku, gimana aku kalau gak ada kamu, lebih baik aku duluan yang mati" kalimat ini seperti ada didalam sebuah sinetron tapi ini bener-bener nyata ini bukan rekayasa ini asli. Mendengar kalimat itu aku gak bisa nahan air mata ini, air mata ini selalu membasahi pipi secara terus menerus.

Sang anak, berusaha menenangkan ayahnya kalau istrinya baik-baik saja. Dengan begitu, dia merasa tenang dan berhenti nangis. Sang dokter datang untuk memeriksa keadaan nenek. Alhamdulillah, nenek masih sadar dan masih mendengar apa yang dikatakan oleh dokter.

Dan, ada satu hal yang bener-bener bikin aku terharu, tiba tiba kakek duduk disamping nenek dan menunduk lalu berkata "Ini sudah menjadi takdir kamu, maafin aku, maafin, kalau perlu kita bareng saja matinya" :'( ini bener-bener kalimat asli yang keluar dari mulut kakek. Dia kembali jatuh kepangkuan anaknya, dan kembali berkata "Maafin kami anak-anak, hanya segini yang bisa kami berikan pada kalian", anak-anaknya sendiripun menangis karena gak kuasa melihat keadaan ayah nya yang seperti itu.

Air mata ini terus mengalir kala melihat kakek, tidur disamping nenek dan memegang tangan nenek. Aku bener-bener gak kuasa melihatnya, ini udah kayak sinetron dan film. Aku melihat masih ada cinta dan kasih sayang dalam diri kakek untuk nenek, bagaimana tidak waktu dulu saja aku melihat mereka masih akrab dan masih bisa bercanda. Duduk berdua di teras rumah dan nenek pun waktu itu masih melayani apa yang kakek mau. Dia masih patuh sama suaminya dan tidak pernah membangkang apa kata sang suami.

Kadang aku miris dan sedih ketika melihat pasangan suami istri yang selalu saja mementingkan ego masing-masing tanpa pernah berfikir bagaimana dia dulu menjalin hubungan yang indah. Aku salut sama kakek dan nenek, meskipun mereka sudah tua tapi mereka gak pernah berantem, mereka masih akur, masih bisa ngobrol, masih bisa bercanda dan masih bisa ketawa sama-sama. Mereka masih bisa menjalin hubungan yang romantis di usia nya yang sudah senja. Cinta mereka abadi sampai dihari tuanya.

Kakek dan nenek adalah salah satu orang yang masih hidup dan masih harmonis dilingkungan tempat tinggalnya. Keharmonisan kakek dan nenek menghasilkan 9 anak, 25 cucu dan 8 cicit. Setiap kali aku main ke sana, yang aku lihat adalah kakek dan nenek duduk berdua didepan rumah, nonton acara tv bersama, ngobrol, bercanda dan ketawa sama-sama.

Keharmonisan mereka bisa terlihat ketika sang kakek meminta nenek untuk membawakan nasi beserta lauk pauknya. Nenek langsung saja membawakan apa yang diminta kakek. Dan pernah juga aku melihat ketika kakek lagi tidur dikamar, nenek senantiasa duduk disamping kakek. Meskipun sekarang mereka tidak sekamar lagi, tapi itu tidak membuat cinta dan kasih sayang mereka hilang gitu saja dan itu bisa terlihat ketika nenek terbaring sakit.

Cinta dan kasih sayang yang tulus akan selalu memberikan yang terbaik bukan meminta untuk menjadi yang terbaik.

Cepet Sembuh Nenek :)
Miss You :*


Ada satu hal yang bisa aku petik dari semua ini, kalau kita bisa meredam ego masing-masing tentunya cinta, kasih sayang dan kesetiaan yang tuluslah yang akan selalu ada sampai tua nanti.

Hanya itu saja yang bisa gue ceritain kali ini. Makasih sudah mau membaca cerita gue.

Byeee !

27 komentar:

  1. Aku malah sudah nggak punya kakek-nenek, :-(

    BalasHapus
  2. Cepet sembuh ya untuk neneknya, Mbak. Aamiin.
    Nggak banyak memang yang bisa meredam ego. Salut lah kepada beliau. :))

    Gue hanya tersisa satu nenek dari Bokap. Gue udah jarang banget nengokinnya karena di kampung. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin mas :) makasih :)
      yaps bener banget, hanya sedikit yang bisa seperti itu :)

      yaaah, harus ditengokin dongs mas, biar seneng neneknya :)

      Hapus
  3. cepet sembuh untuk neneknya ya Mba. Semoga dijauhkan dari penyakit. Amin.

    Aku juga sering salut dengan pernikahan kakek-nenek atau orangtua lainnya yang awet sampai di umur senja. Rahasianya apa gitu.
    Kalo orang sekarang mah, 3 bulan nikah udah cerai.
    Merinding pas baca ucapan kakek ke nenek. Huhuu :(

    Sehat terus untuk kakek ya mba, Amin.
    Salam untuk kakek-nenek. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin :) makasih mba :)

      aku juga salut banget sama beliau :) yaa harus ditanyakan juga sama yang bersangkutan :)
      iyah mba, miris ngeliatnya :(
      bukan hanya mba, saya juga :(

      amiiin :)
      siaaap :)

      Hapus
  4. Melihat wajah beliau, aku langsung teringat wajah almarhumah nenekku sendiri. Sedih banget. karena ketika nenek berpulang aku sedang di perantauan. Sekarang hanya bisa berkirim do'a.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun mas, ikut berduka juga yaa :) semoga tenang neneknya disana :)
      terus kirim doa untuk beliau yaa :)

      Hapus
  5. Beruntung masih bisa lihat kakek dan nenek.. :(

    BalasHapus
  6. Moga cepet sembuh buat neneknya ya, kamu beruntung masih punya nenek nah saya nenek dari bapak dan ibu udah pada meninggal. Sedihnya lagi aku belum pernah liat sosok dan wajah seorang nenek dan kakek dari bapak :( huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin :). Kalau nenek sama kakek yang masih ada itu dari bapak, kalau dari ibu itu cuma kakek doang. Masa mba ? ya ampun ikut bersedih juga yaa :)

      Hapus
  7. Semoga cepat sembuh ya Mba nenek nya, saya juga masih punya Nenek di Yogya... :)
    Lebaran kemarin masih bisa bersilaturahmi dgn Nenek, walau hanya setaun sekali ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin mas :) makasih :) alhamdulillah yah kalau begitu :)
      yah kok setahun sekali mas?

      Hapus
  8. semoga cepet sembuh ya neneknya,... aku jadi teringat neneku

    BalasHapus
  9. Aku cuman tinggal punya 1 nenek dan alhamdulillah masih sehat, cepet sembuh ya neneknya mbak :), btw almarhum kakekku dulu ga se romantis itu ke nenekku hehe

    BalasHapus
  10. gws buat grandmothernya... salute sama grand father nya. cinta yang sejati

    BalasHapus
  11. semoga cepat sembuh saya juga punya nenek yang lagi sakit sekarang

    BalasHapus
  12. Aku masih punya satu nenek, tapi sudah lupa sama anak anak dan cucunya sudah pikun, tapi alhamdulilah masih sehat

    BalasHapus
  13. Jadi sedih bacanya, sang kakek benar-benar akan merasa kehilangan ya. Cepat sembuh ya buat neneknya, biar kakeknya nggak sedih lagi. Kalo saya udah nggak ada semua dari ibu maupun bapak...

    BalasHapus
  14. Cepat sembuh ya buat neneknya,
    ak jadi kangen alm nenek :'(

    BalasHapus
  15. cepet sembuh yah,, salut banget sama kake nenek nya, yang udah bertahun tahun engga pernah bertengkar. Lain hal nya sama aku dan pasangan aku yang bentar lagi mau nikah tapi berantem terus, engga ada yang bisa ngalah

    BalasHapus
  16. Duuhh.. So swit banget teh, kakek neneknya:'( baca ini jd ikutan sedih, terharu jg.. Jd berasa baca novel romance gtu dehh.. Ini nih yg namanya cinta sejati.. Keren banget kalo dibikin cerita nih teh.. Soalnya kisah nyata jg.. Smga neneknya cepet sembuh ya teh :) Salut banget deh sama kakek neneknya. Bisa menjaga keharmonisan rmh tangganya dgn baik sampe kakek nenek. Jd pnsaran pas masa mudanya deh, pasti lebih so swit lg :'))

    Kalo kakek ku sih udh meninggal pas aku bru umur 4thn, jd ga gtu akrab, tp sering dgr crta tntg aki dari nini, mama & kluarga..

    BalasHapus
  17. Haduh sedih banget ceritanya *cari tisu*

    Semoga neneknya cepat sembuh ya :)

    BalasHapus
  18. aku udah nggak punya kakek atau nenek lagi

    aku doain cepat sembuh ya aminn.

    BalasHapus
  19. Cepet sembuh ya..untuk neneknya
    pembuktian cinta yang tulus..tetap abadi hingga usia menua.."salut" :')

    BalasHapus
  20. Semoga lekas sembuh.. neneknya. Sakit apa memang mbak Dewi?.

    BalasHapus

Dibaca Doang ? Komentarin Juga Dong :)
Salam Kenal Dari Saya :)
Yuuu Mariii ...

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!