Rabu, 19 Agustus 2015


Happy Brithday Mama, Happy Brithday Mama, Happy Brithday, Happy Brithday...... Happy Brithday Mama :)

Kalimat itu adalah kalimat yang sering kita ucapkan pada orang yang sedang berulang tahun, banyak dari kita yang selalu mengucapkan kalimat itu dengan nada dan irama musik yang menggoda. Tapi tidak dengan aku, 4 tahun sudah aku mengucapkan kalimat itu pada mama yang kini sudah ditempat yang indah :'(, setiap di hari dan tanggal ulang tahunnya, aku cuman bisa memandang foto mama dengan mengucapkan kalimat itu :'(. Seandainya waktu bisa aku putar kembali, dimana aku bisa mengucapkan kalimat itu dengan 1 buah kue cantik dihiasi dengan lilin yang menyala, lalu aku kasih surprise pada hari ulang tahunnya. 

Banyak sekali cerita-cerita yang pernah dilewatin berdua bersama mama, masak bareng, bikin kue bareng, menjahit baju bareng, bikin makanan ringan bareng, semua yang dilakuin serba berdua.

Ada satu cerita yang bener-bener bikin aku nangis ketika mengingatnya, waktu itu, tiba-tiba aja mamah sakit yaa mungkin bisa dibilang parah, sehingga dia tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dan pada suatu hari, acara perpisahan SMP sudah di depan mata, kala itu ketika semua teman-temanku sedang asyik berdandan ke salon untuk dirias agar keliatan cantik ketika acara nanti, tapi pada saat itu aku hanya bisa diam dirumah sambil nangis karena ga bisa datang ke acara perpisahan karena itu merupakan hari terakhir bisa bertemu dengan teman-teman SMP, dengan nada emosi aku berbicara semauku kepada mama tanpa aku memikirkan kalau dia sedang sakit :( teman mamapun mencoba menasehatiku, tapi tidak aku hiraukan karena yang ada dalam pikiranku cuman AKU PENGEN IKUTAN ACARA PERPISAHAN, itu yang aku mau :(.

Aku kembali ke tempat tidur dengan memikirkan bagaimana cara aku bisa dateng ke acara tersebut, beberapa menit kemudian, kakak datang ke kamarku dan menyuruhku untuk segera pergi kesalon yang tempatnya di pinggir rumah. Satu jam sudah aku didandani disalon, aku kembali kerumah untuk memakai baju yang sudah dipersiapkan seminggu yang lalu, aku coba memakaikan baju setelah itu aku segera siap-siap memakai haighlesku, tanpa aku sadari ternyata mama memperhatikan bajuku yang kelonggaran, mama datang menghampiriku dan menyuruhku untuk melepaskan baju  yang sedang aku pakai.

Coba bayangkan, mama yang sedang kesakitan masih memperhatikan penampilanku dan mencoba menjahitkan baju itu tanpa dia merasakan rasa sakit itu :(. Betapa bodohnya aku ketika itu, aku yang gaa perduli dengan keadaan mama tersebut. Tapi sebenarnya, ketika sudah berada di acara tersebut, rasa sedih, kecewa menyelimuti perasaanku, dimana semua teman-temanku didampingi dengan sosok wanita yang begitu cantik dan mulia, IBU yaaa IBU, tapi aku tutupi rasa sedih itu dengan mencoba ketawa agar rasa sedih itu bisa hilang.

Satu bulan pun berlalu, tepat dihari senin aku mengikuti acara MOPD di SMK dan tepat pada hari itu juga, mama masuk rumah sakit tapi dia masih bisa ngobrol, ketawa dan bercanda dengan orang-orang yang disekelilingnya. Masa MOPD pun berakhir, dan pembagian kelaspun sudah diumumkan. Waktu demi waktu aku berkenalan dengan teman-teman dikelas, ketika sedang asyik ngobrol dikelas, aku dikabarkan kalau mama sudah dipulangkan dari rumah sakit, tapi keadaannya semakin memburuk ketika sudah di operasi, tubuh mama semakin kurus, bicarapun kadang kita harus mendekatinya agar bisa mendengar apa yang dia minta. Suatu malampun, firasatku terasa aneh, banyak keanehan yang aku rasakan, keanehan itu aku rasakan ketika pada waktu malam sabtu, aku hiraukan firasat itu dan langsung meminta maaf dan mencium kakinya.

Tepat pada pukul 21.00 WIB, mama meninggalkan kami untuk selama-lamanya. Begitu terpukulnya aku ketika mendengar kata-kata itu, aku menangis sehisterisnya ketika mengetahui kalau memang benar, dia meninggalkan ku, bapak dan kaka-kakak ku. Sempat aku ingin memandikan jasad ibuku, tapi rasanya tubuhku lemas karena gak kuasa melihat tubuh yang sudah terbaring tak berdaya :( berkali-kali aku merasa tidak percaya, kejadian itu seperti mimpi, dia meninggalkanku begitu cepat, dia meninggalkan ku ketika aku masih membutuhkannya :( mungkin ini sudah takdir yang harus aku terima :(.

Sempat aku melihat bapak, mengais mama di pangkuannya seraya berkata "Ma, jangan tinggalin bapak mama harus bangun, jangan tinggalin bapak" itu yang membuatku merasa sedih ketika melihatnya.


Ketawanya, Candaannya, Marahnya, Senyumnya, Jailnya, dan Nasihatnya, Kini gak bisa aku liat dan dengar lagi, Mama yang dulu adalah milikku, dan keluargaku, kini sudah menjadi milik sang pencipta. Terkadang ketika aku merasa sedih dan kedinginan, hanya pelukan mama yang selalu membuatku tenang selalu menghangatkan tubuh ini. Satu minggu aku terus-terusan diselimuti rasa tidak percaya dan air mata yang terus keluar membasahi pipi ini. Waktu demi waktu, Hari demi Hari, Bulan demi Bulan, Tahun demi Tahun aku melewati hidupku tanpa adanya seorang mama.

Mah, kini engkau telah damai disana, terima kasih sudah membesarkanku dengan penuh kasih sayang. Maafkan bila anakmu sering membuat kecewa, dan selama hidupmu aku belum bisa membahagiakan mu sampai akhir hayat mu :(. Terima kasih juga engkau sudah mengajarkan ku banyak hal dan akan aku lakukan semua yang pernah engkau katakan :'). Meskipun ragamu sudah tidak ada disini, tapi engkau selalu ada disetiap langkahku dan hatiku :). Doaku selalu menyertaimu mama :').

Mamah adalah Sosok Ibu Yang Sangat Hebat,
Tenanglah engkau disana :')
Kasih Sayangmu Akan Selalu Ada...

Sekali lagi, Happy Brithday Mama Cantik dan Endutku :) Yang Tenang yaa disana :). I Love You So Much :')

PS :: Sayangi dan bahagiakanlah kedua orang tua kalian selagi masih ada, jangan buat mereka merasa sendiri di dunia ini, buatlah mereka tersenyum dan jangan buat mereka sampai bercucuran air mata, karena Kebahagiaan mereka adalah ketika kita tumbuh menjadi orang yang sangat bisa dibanggakan.

60 komentar:

  1. Beliau di sana pasti bangga dengan kamu, tetap berdoa untuk beliau...

    BalasHapus
  2. wah anak hebat, hbd juga buat mamanya,

    BalasHapus
  3. Yang sabar yaa, ngerasain gimana sedihnya di tinggal untuk selamanya sama salah satu anggota keluarga yang di cintai :')

    Tabahkan hatimu, nak.

    BalasHapus
  4. AAAaaa mbak Dewi. Sumpah, aku baca ini sambil merinding. Pengen nangis, pengen cepet2 pulang kerja biar ketemi ibu dirumah :(
    ya Allah, baru sadar kalo selama ini aku sering gak dengerin apa kata ibu. Huhuu :(

    Ibu, memang orang yg paling mengerti kita ya mbak. Pas lagi sakit, ibu mba masih sempat2 nya jahitin baju yg kelonggaran. Duh, gak kebayang gimana rasanya kalo kehilangan ibu.
    Mba Dewi banyak2 berdoa ya. Ibu mba, pasti udah bahagia disana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pulang kerja langsung peluk ibu, dan minta maaf sama beliau, mumpung dia masih ada mba :)

      iya mba, paling mengerti kita banget :), hal itu lah yang membuat saya menyesal karena pernah gaa perduli dengan kondisi beliau :)

      iya mba, pasti itu mah :) Amiin :)

      Hapus
  5. Semoga amal dan ibadah mamanya teh Dewi diterima di sisi Allah SWT, diampuni segala dosa2nya, Aamiiinnnn...
    Yang tabah ya kak, mamanya teteh psti udh tenang di alam sana..

    Aku sampe nangis baca ini:'( Aku kira ngucapin ultah biasa, tp trnyata ibunya udh mninggal..
    Aku jd inget sama mamaku, aku tinggalnya jauh sama mama krna mama krja buat nafkahin aku, udh 5thn ini, tp kita msh suka telponan/ngeline sih..
    Aku jg kangen mamaa.. Huaaa:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin yarobbal alamin :) makasih lu atas doanya :)
      iya lu pasti :)

      hehe, yaa begitulah :'), aku juga nulis ini harus nahan air mata :')
      yang pentingkan masih ada komunikasi sama mamanya, jangan sampai engga :)
      kalau kangen sama mama, tinggal telpon terus bilang sayang sama mama :)

      Hapus
  6. perhatian ibu itu seperti nikmat sehat
    nilai dan manfaatnya tidak mudah dimengerti sampai kita kehilangannya.
    jangan terus menangis dalam kesedihan itu ikhlaskanlah agar dia tenang di alam sana.
    maaf sya hanya bisa menyambung doa' semoga amal ibadahnya diterima.
    amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, perhatiannya yang membuatku rindu :)
      insya allah engga mas, dan saya juga sudah ikhlas akan kepergiannya, dan saya juga yakin, mama sudah tenang disana :)
      iyah mas gaa papa :) makasih juga atas doanya :) amiin :)

      Hapus
  7. Yang sabar yaa semoga mama kamu bahagia disana di kelilingi malaikat yang ngasih kue dari do'a2 kamu

    BalasHapus
  8. Ya ampun jadi sedih :(

    Selamat ulang tahun buat mamanya, semoga diberikan tempat yang terbaik disisinya :)

    BalasHapus
  9. Selamat Ulang tahun untuk mamanya, aku gak bisa ngomong apa pas baca ini tapi yang sabar yah,mesti kuat

    BalasHapus
  10. Yang sabar yah neng, doa mu jadi cahaya buat mama disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah aku akan selalu sabar :')
      amiin :)

      Hapus
  11. Ikhlasin saja ya mba sebagai anak yang soleh jangan lupa selalu mendoakan orang tua dan selalu taat beribadah karena pahalanya akan terus mengalir jika orang tua memiliki anak yang soleh aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sudah ikhlas kok mas dengan kepergiannya :) dan doa saya juga gak pernah putus untuk beliau :)
      Amiiin :)

      Hapus
  12. Sedih bacanya.. :(
    Terus berdoa dan berbuat baik Mba, biar jadi amal jariyah ibu yang sudah mendahului...

    BalasHapus
    Balasan
    1. doa saya tidak pernah putus untuk beliau kok mba :')
      terimakasih sudah membaca artikel saya :)

      Hapus
  13. Happy birthday Mama, walau pun dari jauh, beliau pasti mendengarkan, kok...:)

    BalasHapus
  14. Hallo Neng Dewi. Sebelumnya Pangeran Wortel (Tulisan Wortel) minta maaf baru bisa mampir di sini, ya.. Maklumlah, sekarang jadwalnya penuh banget sama intrik hidup yang sulit. "halah.."

    Oke, baru mampir, mama ultah. Selamat ulang tahun Mama Neng Dewi, semoga selalu ngasi uang jajan yang banyak buat Neng dewi, makin sayang keluarga, dan makin2 semuanya deh buat mama.

    Ow, ya. Cepet tanyaain ke neng dewi ma, kapan nikahnya...? hahha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya hanya baca judulnya aja nih, kok bisa-bisanya ketawa gitu lho..

      Hapus
    2. 2.
      cuma baca judul doang. Gak baca tulisannya -_-

      Hapus
    3. Heru : Iyaa, makasih :)

      Isrofi : ga papa mas, mungkin lagi sibuk jadi tidak ada waktu untuk membaca :)

      Rahayu : Hmm :)

      Hapus
  15. Anak yang hebat adalah menunjukkan kepada orang tua dengan melakukan hal-hal yang baik, bermanfaat, dan kalau bisa dengan prestasi, walaupun orang tua sudah tiada namun, nama oang tua kita akan tetap terbawa ketika anak melakukkan hal-hal yang bermanfaat, tetap semangat, Semoga Ibunda Mbak Dewii diberikat tempat yang mulia oleh Allah SWT. Amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi sayangnya aku tidak pernah mendapatkan prestasi apapun, jadi aku bukan anak yang bisa di banggakan :)

      Amiin :) makasih mas :)

      Hapus
  16. Sabar ya, Dewi. Sedih bacanya. Beruntung aku masih punya emak, walaupun galak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas pasti :) yaa walaupun galak tetep aja namanya orang tua pasti sayang banget sama anak nya :)

      Hapus
  17. yang sabar ya kak, walaupun dari sana mamamu pasti banggga deh sama kamu, dia pasti tahu

    BalasHapus
  18. sabar kak, :)
    Beliu lebih bahagia kalau didoakan dan kaka' jadi orang yg baik..

    BalasHapus
  19. saya juga mau mengucapkan selamat ulang tahun dan semoga berbahagia selamanya, amin.

    BalasHapus
  20. takdir memang tidak bisa ditebak, kak. semoga mamanya tenang di alam sana. Amin.

    folbek kak

    BalasHapus
  21. Ternyata Mama nya Mba Dewi ulang tahun yah, maaf ya telat ngucapinnya...
    Selamat Ulang Tahun ya Mama nya Neng Dewi, semoga tenang dan damai di Surga... aamiin...

    BalasHapus
  22. Selamat ulang tahun mamanya mbak dewi walau telat mudahan tenang dan damai disurga allah amin :)

    BalasHapus
  23. happy birthday untul beliau! i know that feel, fellas... itu pasti sedihnya bukan main waktu perpisahan smp itu..

    BalasHapus
  24. Baper banget baca ini. :(

    Jadilah anak yang baik ya, Mbak. Doain mamanya selalu. Soswit, ketika ulang tahun, tulisan ini sengaja didedikasikan untuk beliau. Beliau pasti tersenyum di surga sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah saya bakalan jadi anak yang baik kok mas :)
      iya mas :) amiin, mudah-mudahan :)

      Hapus
  25. tetap harus didoakan apalagi di hari kelahirannya :) tetap semangat yaa :)
    selamat ulang tahun untuk beliau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu didoakan kok mas :)
      semangat juga :)
      terima kasih :)

      Hapus
  26. New slot machines | Play online - DRMCD
    New slot machines. Play online. 안양 출장마사지 Best online slot machines. New slot machines. Play online. Best online slot machines. 하남 출장마사지 Best online slot machines. New slot machines. 울산광역 출장마사지 Best 나주 출장안마 online 울산광역 출장마사지 slot

    BalasHapus

Dibaca Doang ? Komentarin Juga Dong :)
Salam Kenal Dari Saya :)
Yuuu Mariii ...

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!